Minggu, 11 Maret 2012

Setelah pusing-pusing googling internet cara untuk mengamankan MySQL serta saat user mengakses server kita maka dipaksa harus mengisikan user serta password, Sebenarnya di halaman awal xampp sudah ada menu untuk men-security-nya sehingga tinggal ikuti aja perintahnya… sangatlah mudah cara untuk secure phpmyadmin serta server xampp. kita Okelah langsung aja saya tunjukkan file-file mana saja yang harus di edit agar phpmyadmin kita tidak bisa di akses semua orang.
Langkah untuk secure di xampp:
 Mengamankan server xampp dan php
1. Masuk ke http://localhost, maka akan muncul halaman index dari xampp.. Pada menu sebelah kiri terdapat menu security.. coba km klik maka akan muncul window baru seperti gambar di bawah ini
2. Dari Tabel tersebut kita bisa melihat bahwa:
* Halaman XAMPP tidaklah aman(unsecure) dan dapat diakses oleh siapa saja yang tersambung dengan jaringan,
* Administrator database Mysql dengan user root juga tidak terproteksi
* PhpMyAdmin terbuka dan bebas diakses oleh jaringan
* PHP tidak berjalan di “safe mode”

3. Sekarang kita akan mengamankan point 1,2 dan 3 dengan masuk ke http://localhost/security/xamppsecurity.php
 Mengamankan server xampp dan php
Nah dari halaman tersebut kita dapat men-set password phpMyadmin dengan user default adalah root.. phpMyadmin authentification secara default cookie.. jika pengen menyimpan password yang belum ter-enkripsi centang aja pilihan “safe plain password in text file?”. Untuk menganmankan direktori Xampp (waktu kita masuk ke localhost akan muncul kotak login) maka kamu dapat men-set user dan password sesuka kamu.. (kalo km pelupa maka centang aja pilihan unutk menyimpan plaintext pass-nya).
Categories: , ,

0 comments:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!